Kamis, 27 Oktober 2016

Sejarah Perkembangan, Jenis & Kelebihan Mikrotik





Sejarah Perkembangan, Jenis & Kelebihan Mikrotik

Apakah anda mengenal CISCO ?, Cisco bukan nama yang asing lagi dalam dunia IT, khusunya router, yaitu perangkat yang berfungsi untuk mengarahkan alamat di internet. Namun, selain Cisco, terdapat naman lain yang terkenal dengan kemudahan penggunaanya, dan terjangkau untuk sebuah router yaitu Mikrotik RouterOS.
Miktorik adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router. Dengan sistem operasi ini, kita dapat membuat router dari sebuah komputer.
Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia (besebelahan dengan Rusia). Pengagasnya adalah John Trully dan temanya Arnis Riekstins, Dia adalah orang Amerika yang pindah ke Latvia, dan Arnis adalah seorang sarjana Fisika dan Mekanik, mereka bertemu di Latvia pada tahun 1995.
Pada tahun 1996 mereka memulai merouting dunia (Visi Mikrotik adalah merouting seluruh dunia), dengan sistem linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Molcova (tetangga Latvia), kemudian mereka melayani 5 pelanggannya Latvia.
Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tetapi untuk membuat program router yang handal dan dapat dapat dijalankan di seluruh dunia. Latvia hanya sebagai tempat ekperimen mereka, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar empat ratusan pelanggannya, Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Menurut Arnis selain staf di lingkungan Mikrotik, mereka merekrut pula tenaga-tenaga lepas  dan pihak ketiga yang dengan insentif mengembangkan Mikrotik secara maraton.
Untuk negara berkembang, solusi Mikrotik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabunng dengan internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini sejenis NAT, Mikrotik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi pengunaan komputer dan perangkat lunak.
Itulah sedikit penjelasan mengenai sejarah Mikrotik berdasarkan buku yang saya pelajari mengenai Mikrotik,Sekian,

Jenis - Jenis Mikrotik
Jenis mikrotik ini di bedakan dari bentuknya, software atau hardware, software adalah mikrotik yang berbetntuk sistem operasi sehingga kita bisa mengsintalnya di komputer desktop / laptop, sedangkan haedware adalah mikrotik yang berbentuk sebuah alat, bentuknya seperti router pada umumnya, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Mikrotik Router OS
Seperti yang saya katakan, Versi Mikrotik ini berbentuk software yang dapat di instal di komputer, melalui CD. Untuk mendapatkannya kita dapat mendownloadnya di situs resmi mikrotik (mikrotik.com) dalam bentuk CD Image atau ISO, namun file mikrotik ini hanya versi trial saja, kita hanya dapat menggunakannya dalam kurun waktu 24 Jam pemakaian , jika kita ingin menggunakannya full time, kita harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi key hanya untuk satu hardisk. Mikrotik jenis ini biasanya di gunakan sebagai media untuk pembelajaran.

2. Built In Hardware Mikrotik
Mikrotik versi ini berbentuk hardware yang khusus dikemas dalam bentuk Router Board yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik Router OS bersama lisensi keynya. sehingga dalam konfigurasinya kita hanya perlu satu komputer untuk meremotenya.

Kelebihan Mikrotik Sebagai Router
Salah satu kelebihan mikrotik router dengan router lainya adalah :
- Warna dari text  / scriptnya berwarna - warni, seperti yang kita ketahui tampilan script sebuah server / router umumnya berwarna hitam putih seperti CMD, sehingga bisa membuat kita tidak bosan ketika sedang konfigurasi.
- Selain itu, konfigurasi mikrotik bisa menggunakan mode GUI, artinya kita bisa mengkonfigurasi mikrotik dengan tampilan yang sangat user friendly, sehingga kita tidak perlu menghafal sebuah script, kita hanya tinggal klik dan klik saja untuk konfigurasinya, untuk melakukanya kita harus mengunakan sebuah komputer / laptop untuk meremotenya dan menggunakan software khusus, yaitu winbox.

Itulah sekilas mengenai Mikrotik, untuk penjelasan dan konfigurasinya akan saya bahas di tutorial tutorial selanjutnya, sekian dan terimakasih

1 komentar:

  1. ok inimin
    http://windoten.blogspot.com/2016/01/cara-mengetahui-detail-spesifikasi.html

    BalasHapus